Kewajiban BPS Jabar dalam Pengelolaan Data Kependudukan : TokoBungaOnline

Kewajiban BPS Jabar dalam Pengelolaan Data Kependudukan

 

Tahukah Anda  sensus penduduk yang disiapkan oleh  BPS Jawa Barat?  Beberapa orang pernah mendengar kata ini, tetapi banyak yang tidak sepenuhnya mengerti apa artinya. Sensus merupakan proses pengumpulan data melalui penomoran seluruh satuan penduduk di setiap wilayah Indonesia.

Kegiatan yang disurvei umumnya dilakukan untuk tujuan tertentu. Misalnya, mengetahui tingkat perkembangan penduduk sesuai dengan pendapatan, pekerjaan dan jumlah anggota keluarga. Sensus penduduk ini disiapkan oleh Kantor Pusat Statistik, di daerah masing-masing, untuk mengunjungi rumah penduduk menggunakan petugas sensus.

Pada sensus penduduk 2020, kegiatan pencacahan data dilakukan secara daring untuk melengkapi data yang dimasukkan warga pada situs resmi sensus BPS. Kebanyakan orang melanjutkan dengan cara ini untuk mematuhi sensus digital, sementara untuk sisanya penomoran dilakukan secara offline.

Perhitungan atau kehilangan jiwa itulah peran utama BPS. Setelah proses sosial selesai, nomor populasi akan digunakan yang datanya dapat digunakan untuk proses pemilihan, pengumpulan pajak atau definisi kebijakan ekonomi Negara. Perhitungan biasanya dilakukan selama 10 tahun.

BPS adalah lembaga pemerintah yang memiliki akuntabilitas langsung kepada presiden, yang mengatur cara kerja dan kewajiban utamanya melalui UU 16 Tahun 1997. Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang lembaga sensus nasional ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa saja kewajiban BPS Jawa Barat?

Biro Pusat Statistik memiliki fungsi utama penomoran dan pemerintah statistik partisipatif lainnya yang diatur oleh undang-undang. Dalam menjalankan fungsinya, berbagai langkah dilakukan, mulai dari pemenuhannya hingga pemenuhannya, distribusinya, komunikasinya kepada Presiden dan masyarakat.

Data pusat statistik bersifat terbuka dan terbuka dan dapat diakses layanan informasi data statistik nasional melalui situs resmi atau aplikasi BPS Jawa Barat.   Untuk mendapatkan semua   informasi,  masukkan situs web resmi web. Selain tugas-tugas utama di atas, ada fungsi dari badan statistik, yaitu:

  1. Pengembangan kajian, pengembangan rencana dan perumusan kebijakan di bidang statistik daerah dan nasional .
  2. Koordinasi kegiatan pembina kewilayahan dan nasional.
  3. Pembentukan sistem statistik nasional.
  4. Menyediakan kerajinan dan fasilitas untuk melakukan perbudakan jiwa.
  5. Bimbingan kepada instansi terkait sesuai bidang pekerjaannya dalam kegiatan statistik.
  6. Mengumpulkan data dan mengolahnya menjadi informasi yang berguna bagi pemerintah dan masyarakat.
  7. Publikasi hasil sensus, sebagai laporan kepada Presiden dan sebagai pengumuman resmi, melalui CAP masing-masing daerah

Dalam perkembangannya, fungsi dan fungsi BPS erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi. Komputer pribadi telah digunakan untuk menggantikan perekaman manual untuk membuat perekaman lebih sederhana dan lebih cepat. Penggunaan Internet juga berkontribusi pada transfer data regional ke pusat.

Informasi yang diperoleh dalam CAP

BPS Jawa Barat mengumpulkan dan mengelola informasi dari masyarakat